MANAJEMEN OPERASIONAL
PT YAKULT INDONESIA PERSADA
Disusun oleh :
1. Dea Asyifa - 41115003
2. Rahmad Yadi – 41115055
3. Heri Risman - 41115060
STIM BUDI BAKTI
Jl. Jend. Sudirman, Kompleks Perkantoran Grand Mall Bekasi Blok D No. 36
021 - 88850918, faks 021 – 8895473
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah
melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat
menyelesaikan tugas membuat tugas kelompok tentang Managemen Operasional PT
YAKULT INDONESIA PERSADA. Dan
juga kami berterima kasih kepada Bapak GIHARJO, SE, MM .selaku Dosen mata kuliah Managemen
Operasional telah memberikan tugas ini.
Kami sangat berharap tugas ini dapat berguna dalam rangka
menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang
Managemen Operasional.
Semoga tugas ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kami
semua, maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila
terdapat kesalahan kata-kata dan
kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya dan kami
memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan
Bekasi,
November 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
PEMBAHSAN
PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Sehat adalah sebuah kondisi maksimal, baik dari fisik, mental dan sosial sehingga dapat melakukan suatu aktifitas yang menghasilkan sesuatu. Kondisi tubuh yang sehat pada manusia dapat kita lihat dari kebugaran tubuh. Dalam sebuah lingkungan masyarakat terkadang mengalami beberapa masalah kesehatan masyarakat, baik muda, tua, wanita, pria.
Saat ini kondisi kesehatan masyarakat indonesia dikatakan semkain membaik, kita dapat melihat dari berita atau info info kesehatan penduduk indonesia. Jika tahun tahun sebelumnya terdapat banyak macam jenis penyakit yang menyerang penduduk indonesia pada tahun ini penderita jenis penyakit tersebut semakin berkurang.
Pada era saat ini masyarakat Indonesia mulai untuk berpikir dengan kesehatan jangka panjang. Hal ini ditandai dengan mulai berkembangnya tingkat ekonomi masyarakat di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat memberikan dampak positif pada kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan diri sendiri maupun keluarganya. Kesadaran akan pentingnya kesehatan pada masyarakat Indonesia dapat dilihat pada banyaknya keluarga yang mulai berpikir rasional jika mengalami keadaan sakit langsung dirujuk kepada dokter atau rumah sakit, berbeda dengan dahulu yang hanya mengandalkan seorang dukun atau hal-hal mistis lainnya untuk mengobati orang yang sakit.
Karena hal yang dijelaskan di atas sekarang mulai banyak produk-produk kesehatan yang berkembang di masyarakat, hal ini disambut baik oleh masyarakat karena masyarakat juga butuh akan produk-produk kesehatan yang bisa mencegah tubuhnya dari berbagai macam penyakit dan bisa menyembuhkan salah satu jenis penyakit.
Kesadaran akan kesehatan pada masyarakat Indonesia membuat perusahaan membuat berbagai macam cara untuk menciptakan produk-produk untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Perusahaan banyak melakukan penelitian yang berkepanjangan untuk bisa menciptakan produk-produk yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit umum, serta untuk mencegah dari berbagai penyakit.
Perusahaan berusaha untuk mencari dan menemukan cara-cara efektif untuk mengenalkan produk kesehatan miliknya dan menggunakan berbagai macam cara agar konsumen bisa tertarik dan membeli produk kesehatan tersebut. Salah satunya adalah lewat metode promosi dan penjualan-penjualan yang unik yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.
Yakult sebagai produk dari PT Yakult Indonesia Persada adalah “ Sebagai Pelopor Prebiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga usus”. Produk ini berbentuk minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Minuman yang mengandung bakteri yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat.
1.2 PERMASALAHAN
1. Bagaimana saluran distribusi yang dipakai oleh Yakult ?
2. Bagaimana marketing mix (4p) pada produk Yakult ?
3. Bagaimana strategi fungsional yang diterapkan pada produk Yakult ?
4. Bagaimana analisis SWOT pada produk Yakult ?
1.3 TUJUAN
Makalah ini dibentuk untuk memberikan gambaran pada pemabaca tentang dunia menejemen operasional PT Yakult Indonesia Persada tentang bagaimana proses produksi, distribusi, marketing dan bagaimana analisis SWOT.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PROFIL PERUSAHAAN
Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. (Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha) untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi irinotecan.
Yakult juga memiliki salah satu tim bisbol terbesar di Jepang, Tokyo Yakult Swallows. Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di Jepang, Asia, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.
Melalui penggalian terhadap ilmu pengetahuan, Yakult terus berusaha menemukan cara baru untuk membuat hidup kita lebih sehat dan berkualitas.Untuk mendukung aktifitas ini pada tahun 1967 telah didirikan lembaga pusat Yakult untuk penelitian mikrobiologi (Yakult Central Institute for Microbiological Research) di Tokyo.
Institut ini telah menghasilkan sejumlah penelitian dengan hasil yang memuaskan. Beberapa penelitian juga telah disebarluaskan kepada masyarakat. Untuk usaha-usaha tersebut, institut ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan.
Di institut ini, berlandaskan falsafah Shirota-ism, para peneliti mengabdi untuk mengekplorasi kemungkinan pemanfaatan bakteri berguna untuk meningkatkan kesehatan manusia. Inilah visi Yakult terhadap "life science". Penelitian yang dilakukan di Yakult Central Institute meliputi :
• Penelitian dan pengembangan produk-produk makanan.
• Penelitian dan pengembangan produk kosmetik.
• Penelitian dan pengembangan produk farmasi.
• Penelitian bakteri usus.
• Penelitian dan pemberdayaan bahan-bahan bioaktif.
• Penelitian bioteknologi.
• Test keamanan untuk produk dan bahan baku.
PT.Yakult merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana Penanaman Modal Asing 100% dari Yakult Jepang. Awalnya pabrik Yakult berada di Jakarta. Akan tetapi karena jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka pabrik ini dipindahkan ke Sukabumi. Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa Pewawahan Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas tahan 50.000 m2 dan luas bangunan 12.925 m2.
PT Yakult Indonesia Persada adalah “ Sebagai Pelopor Prebiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga usus”. Dengan misi tersebut tujuan stratejiknya adalah dengan tetap memberikan komitmen kepada konsumen untuk tetap mempertahankan misi tersebut dengan mengintegrasikan semua aspek perusahaan. Motto Yakult Indonesia adalah “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari.”
2.2 SALURAN DISTRIBUSI
Saluran distribusi dilakukan melalui ritel, yang pertama dimulai dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari. Sistem Direct Sales. Sistem ini digunakan untuk mendistribusikan Yakult ke toko-toko, supermarket, koperasi, kantin dan lain-lain. Distribusi dilakukan menggunakan mobil berpendingin. Sampai Mei 2007, PT. Yakult Indonesia Persada mempunyai 37 ( tigapuluh tujuh ) cabang atau TKU ( tempat kegiatan usaha ) yang melayani outlet-outlet yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan & Sulawesi.
PT Yakult membangun hubungan masyarakat yang baik melalui sistem distribusi Yakult Lady. Sistem distribusi Yakult Lady yaitu sistem pendistribusian Yakult oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan, sehingga Yakult Lady disebut pula sebagai “Pusat Informasi Berjalan”.
Para sales Yakult ini memiliki wilayah pemasaran yang tetap sehingga bisa mendorong keakraban yang berlanjut antara sales dengan para konsumen. Beberapa sales yang komunikatif dan luwes bahkan merasa memiliki banyak teman dan kerabat baru yang didapatkan selama mereka bertugas. Keterampilan berkomunikasi akan menjadi modal utama bagi para sales ini dalam meningkatkan target penjualannya.
Yakult Lady yang secara tidak langsung juga bertugas mengampanyekan program kunjungan pabrik. Program kunjungan ke pabrik yakult membuat pengunjung dapat melihat secara langsung proses produksi Yakult.
Gambar 1.1 Yakult
Sistem Yakult LadyMelalui sistem ini Yakult didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat Yakult. Saat ini PT. Yakult Indonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult Lady yang tersebar di 93 center-center di seluruh Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Palembang.
2.3 MARKETING MIX
2.3.1 PRODUCT
PT Yakult Indonesia Persada hanya memproduksi satu jenis produk saja yaitu Yakult. Yakult sendiri dikemas di dalam sebuah botol plastik kecil dan dijual per bungkus isi 5 botol.
Yakult (Yakuruto) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Minuman yang mengandung bakteri yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat. Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk "yoghurt".
Yakult dibuat dengan cara memfermentasi campuran susu bubuk skim dan glukosa menggunakan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain, bakteri unggul hasil seleksi dan temuan Dr. Minoru Shirota yang diteruskan sampai saat ini oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research.
Yakult dibuat dari bahan-bahan:
1. Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
2. Susu bubuk skim
3. Sukrosa dan glukosa.
4. Perisa
5. Air
Yakult dibuat dari bahan-bahan:
1. Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
2. Susu bubuk skim
3. Sukrosa dan glukosa.
4. Perisa
5. Air
Yakult harus selalu disimpan pada suhu dibawah 10°C karena pada kondisi tersebut bakteri Yakult tidak aktif sehingga kualitas Yakult dapat dipertahankan terjaga. Penyimpanan pada suhu diatas 10°C akan mengakibatkan turunnya kualitas karena bakteri Yakult aktif, menghasilkan asam laktat yang menyebabkan Yakult menjadi asam dan jumlah bakteri hidupnya akan menurun.Yakult tidak memakai bahan pengawet. Yakult dapat bertahan sejak pembuatannya sampai dengan tanggal kadaluwarsanya karena:
• Asam laktat yang dihasilkan secara alami selama proses fermentasi dapat memperpanjang umur simpannya.
• Pembuatannya secara hygienis
• Penyimpanannya pada suhu dibawah 10°C
Yakult bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita karena dapat membantu:
a. Mencegah gangguan pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare.
b. Meningkatkan kekebalan tubuh.
c. Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus.
d. Mengurangi racun dalam usus.
e. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan.
Yakult dapat diminum setiap hari, kapan saja. Sebagian besar orang lebih suka minum Yakult pada saat atau setelah makan.Disarankan satu botol setiap hari untuk menikmati manfaat Yakult karena dalam 1 ml Yakult terdapat lebih dari 100 juta bakteri Lactobacillus casei Shirota strain. Tentu saja Yakult aman diminum lebih dari satu botol sehari dan dapat lebih efektif untuk menciptakan flora usus yang didominasi oleh bakteri yang berguna.
Yakult harus dminum setiap hari karena pemasukan bakteri Yakult secara rutin setiap hari dapat memelihara bakteri berguna dan menjaga usus tetap sehat. Pada saat anda sehat, keseimbangan bakteri usus terjaga dengan baik. Tetapi setiap saat keseimbangan ini dapat terganggu karena menu makanan yang kurang seimbang, stress atau obat-obatan, sehingga muncul masalah serius seperti diare, dll.
Bakteri dalam yakult hanya tinggal sementara dalam usus dan dikeluarkan setelah jangka waktu tertentu. Demikian pula dengan bakteri Yakult. Setelah mencapai usus dalam keadaan hidup, bakteri Yakult akan berkembang biak sehingga dapat memainkan berbagai peran yang bermanfaat sampai kemudian dikeluarkan melalui buang air besar. Karena itu penting untuk mengkonsumsi Yakult ini setiap hari agar selalu terdapat bakteri bermanfaat dalam jumlah yang cukup yang membuat pencernaan kita senantiasa sehat.
Yakult bisa diberikan kepada bayi ketika baru berumur beberapa bulan. Pemberian dapat dimulai dengan mengencerkan satu bagian Yakult dengan dua bagian air hangat. Gunakan sendok untuk menyuapi karena pemberian dengan botol tidak direkomendasikan ditinjau dari sudut pandang hygienisnya. Perlu diingat bahwa tujuan pemberian Yakult adalah mensuplai Lactobacillus casei Shirota strain, bukan mengganti air susu ibu atau susu formula. Karena itu jangan sampai pemberian Yakult mengganggu kecukupan gizinya.
Warna khas Yakult didapatkan secara alami dari pemanasan campuran susu bubuk skim dan glukosa. Ini adalah reaksi antara asam amino dalam susu bubuk skim dan karbonil dalam glukosa yang menyebabkan Yakult berwarna coklat muda. Dalam ilmu kimia ini dinamakan reaksi Maylard atau reaksi amino karbonil. Warna coklat muda kue dan roti berasal dari jenis reaksi yang sama.
Konsumsi bakteri Lactobacillus casei Shirota strain dalam Yakult efektif dalam menormalkan bakteri usus pasien yang mendapat perawatan antibiotik dalam waktu yang panjang. Pengobatan dengan antibiotik dalam waktu yang panjang dapat menekan bahkan memusnahkan sebagian besar bakteri berguna, menciptakan suatu kondisi dimana bakteri yang merugikan menjadi lebih dominan. Sebagai hasilnya, bakteri patogen atau bakteri merugikan menjadi dominan dan menyebabkan infeksi tahap kedua. Hal ini juga dapat menyebabkan gejala-gejala yang menyulitkan termasuk diare. Bakteri Yakult dapat memainkan peran yang penting dalam mengontrol keseimbangan bakteri usus selama dan sesudah terapi antibiotik.
2.3.2 PRICE
Yakult dijual satu banded berisi 5×65 ml dengan harga Rp.8000,
Strategi penetapan harganya adalah sebegai berikut :
HPP yang dikeluarkan dalam satu bungkus yakult (5 botol) yang dijual :
BIAYA YANG DIKELUARKAN
|
TOTAL
|
Plastik pembungkus luar
|
Rp 200
|
Botol Plastik (5buah)
|
Rp 1400
|
Air
|
Rp 500
|
sukrosa, susu bubuk skim, glukosa, perisa yakult
|
Rp 400
|
Bakteri l casei shirota strain
|
Rp 1500
|
Total HPP
|
Rp 4000
|
Harga jual yang ditetapkan untuk 1 bungkus yakult dari produsen adalah sebagai berikut :
Total HPP : Rp 4000
Laba yang diharapkan : Rp 2000 è 100%
Harga jual : Rp 6000
Strategi penetapan harga pada rantai distribusi adalah sebagai berikut :
Jadi dapat disimpulkan 1 bungkus yakult dapat sampai ke konsumen melalui ritel dengan harga Rp 8000.
2.3.3 PLACE
PT.Yakult merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana Penanaman Modal Asing 100% dari Yakult Jepang. Awalnya pabrik Yakult berada di Jakarta. Akan tetapi karena jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka pabrik ini dipindahkan ke Sukabumi. Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa Pewawahan Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas tahan 50.000 m2 dan luas bangunan 12.925 m2.
2.3.4 PROMOTION
Yakult Mengiklankan produknya menggunakan media elektronik seperti TV dan radio, Media cetak seperti majalah dan koran, serta internet dengan situs resminya yaitu www.yakult.co.id , serta melalui berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus. Namun, tentu saja masyarakat paling mengingat produk yakult berkat iklannya di TV. Yakult mempunyai tagline, “Cintai Ususmu Minum Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari. Yakult memiih tagline ini tentu saja sangat berarti. Cintai usus adalah cara baru untuk peduli terhadap diri sendiri. Usus adalah organ tubuh yang penting agar tubuh menjadi bugar, kuat, dan segar. Jika usus kita baik maka kitapun bisa hidup dengan baik pula.
2.4 STRATEGI FUNGSIONAL
Sumber daya strategi mengacu pada serangkaian tindakan spesifik manajemen Sumberdaya Manusia yang didorong oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya salah satu tujuan strategi Perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan. Termasuk didalamnya adalah penggunaan berbagai metode untuk membangun komunikasi 2 arah, baik itu melalui line telepon maupun internet dan media komunikasi lainnya. Selain itu menyaring karyawan dan manajer potensial yang memiliki nilai yang tidak berorientasi pada orang; memberikan jaminan untuk perlakuan yang paling adil dan keamanan bagi semua karyawan; memanfatkan berbagai promosi dari dalam berbagai aktivitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk menyadari sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumber daya manusia Strategi berarti memformulasikan dan melaksanakan sistem SDM, kebijakan dan aktivitas, yang menghasilkan kompetensi dan prilaku karyawan yang dibutuhkan untuk meraih tujuan strategi PT Yakult Indonesia Persada.
Akhirnya, semua aspek Perusahaan PT Yakult Indonesia Persada bernaung di bawah payung Sumber Daya Manusia, sehingga Perspektif Manajemen Sumberdaya Manusia Strategi pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun perusahaan ini agar bisa tetap berdiri dengan motto “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari” yang berorientasi utama adalah profit dan benefit.
2.5 PESAING
Persaingan di pasar minuman kesehatan hasil fermentasi susu yang ketat membuat PT Ultra Prima Artaboga sebagai produsen Vitacharm harus mengubah strategi bisnisnya. Perusahaan ini mengubah logo dan kemasannya Dalam jangka panjang, perubahan wajah ini bertujuan untuk menggenjot penjualan. Tampaknya, mereka juga ingin mendobrak dominasi merek Yakult yang sudah lama memasuki pasar ini.
Menurut Brand Manager VitaCharm Daniel Suryandi, tahun 2008 silam, pangsa pasar VitaCharm di Indonesia berada di urutan kedua setelah Yakult, yaitu sebesar 25%. selama ini, VitaCharm sangat bernafsu ingin menyalip penjualan Yakult. Ada beberapa strategi yang sudah meluncur. Antara lain mereka mengubah kandungan VitaCharm dengan multiprobiotik ABC di tahun 2007.
Gambar 1.2 Vitacharm
Lalu, Vitacharm meluncurkan program 3 Days Challenge sejak pertengahan 2009 ini. Program ini bertujuan memberi kesempatan konsumen untuk mencoba produk VitaCharm dan memberikan testimoni tentang manfaat yang mereka rasakan. untuk lebih menegaskan manfaat kandungan multiprobiotik ABC dalam sebotol VitaCharm, PT Ultra Prima Artaboga akhirnya mengganti logo serta kemasannya.
2.6 ANALISIS SWOT
STRENGHT
- Yakult merupakan satu-satunya minuman prebiotik yang mengandung manfaat baik bagi tubuh manusia yaitu bakteri Lactobasilus casei Shirosa strain
- Cita rasa pada yakult murni tanpa tambahan rasa
- Yakult berhasil meraih beberapa penghargaan
- PT yakult benar-benar menggunakan tenaga kerja yang kompeten untuk menjaga mutu dan kualitas produk
- Botol yakult terbuat dari plastik yang ringan, aman, dan mudah didaur ulang
WEAKNESS
- Perlu suhu khusus untuk tetap menjaga bakteri agar tetap berfungsi dengan baik yaitu 10o celcius
- Alat distribusi yakult masih menggunakan angkutan darat
- Kurang menyerap tenaga kerja karena telah menggunakan peralatan modern
- Ukuran yakult yang kecil menyebabkan tidak terlihatnya produk yakult di antara produk yang lain apabila dalam kondisi didinginkan dalam lemari es
- Kemasan plastik 1 pack dapat menyebabkan kesulitan bagi konsumen yang ingin membeli secara eceran.
OPPORTUNITY
- Terbukanya peluang pada pasar global dan domestik untuk ekspansi pasar
- Pola hidup konsumen yang saat ini masih memperhatikan kesehatannya
- Adanya kreatifitas beberapa produsen tertentu yang menambahkan yakult sebagai komponen utama produknya
- Masih sedikitnya kompetitor yang mengembangkan produk seperti yakult ini
- Konsumen yang loyal terhadap produk yakult, tetap membeli dan percaya akan kualitas produk yakult
THREAT
- Adanya substitusi untuk minuman sehat
- Kompetitior yang membuat produk minuman probiotik dengan varian rasa yang banyak, sehingga menarik konsumen
- Ada beberapa konsumen yang bosan terhadap rasa produk yakult
- Adanya kenaikan harga pada bahan baku
- Semakin menipisnya pasokan air bersih di pabrik pembuatan yakult
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Yakult mempunyai tagline, “Cintai Ususmu Minum Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari.
Saluran distribusi dilakukan melalui ritel, yang pertama dimulai dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari. Sistem Direct Sales. Sistem ini digunakan untuk mendistribusikan Yakult ke toko-toko, supermarket, koperasi, kantin dan lain-lain.
Para sales yakult adalah ibu-ibu berusia 30 - 50 tahun yang penampilan fisiknya sangat bersahaja dan menawarkan keramahan dan kehangatan yang mungkin tidak bisa kita dapatkan saat berbelanja di pasar swalayan. Ketika melayani masyarakat, para sales ini akan memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan. Para sales Yakult ini akan memberikan harga Yakult yang lebih murah dibandingkan dengan harga di warung maupun supermarket.
3.2 SARAN
Saran yang bisa saya berikan kepada yakult adalah lebih banyak melakukan promosi pada media cetak dan juga media elektronik untuk lebih mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen yang belum mengenalnya, dan menekankan kepada konsumen hal-hal positif jika mengkonsumsi produk yakult
Melakukan inovasi produk dengan menambah varian produk ke rasa yang bernaneka ragam untuk meningkatkan jumlah konsumen. Inovasi produk juga bisa dilakukan dengan cara mengubah bentuk atau kemasan yakult menjadi lebih menarik.
Komentar
Posting Komentar